Jumat, 28 November 2014

MAKALAH FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN



                                                                                 
 
MAKALAH
FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN


                                                   

                                                   
oleh
Putri ayu lestari
140903102022






USAHA PERJALANAN WISATA
FAKULTAS ILMU SOSIAN DAN POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2014



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Dari berbagai berita banyak proses plagiat yang selalu di kaitkan dengan para pelajar baik kalangan siswa maupun mahasiswa. Hal itu dapat memberi gambaran bagaimana prilaku penerus bangsa yang nantinya akan menjadi  pewaris bangsa Indonesia. Sejak dulu plagiat telah menjadi masalah serius dalam dunia akademik yang tetap berlangsung hingga saat ini. Tentunya hal ini memerlukan pertimbangan khusus karena memiliki dampak yang negatif dalam dunia pendidikan. Namun, seiring meningkatnya teknologi, plagiatpun marak. Plagiat bisa saja terjadi karena sikap pelajar dan mahasiswa akan ketersediaan sumber bacaan di perpustakaan. Hingga saat ini banyak para pelajar maupun mahasiswa mempunyai keyakinan akan halalnya plagiat dan hal itu malah menjadi kebiasaan dalam mengerjakan tugas maupun yang lainnya. Ketika kita melihat sesuatu yang dianggap sebagai suatu pencapaian yang cepat maka hal itu akan kita lakukan, sama halnya dengan proses plagiat yang dapat dilakukan dengan Copast (copy-paste) di internet yang dengan mudahnya bisa memindah data, kata atau kalimat sehingga dapat memberikan pemahaman terhadap tulisannya. Kurangnya referensi untuk bahan bacaan juga mempengaruhi terjadinya proses plagiat dikalangan pelajar maupun mahasiswa.

1.2    Permasalahan
Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah dijelaskan diatas, masalah-masalah yang akan muncul dapat di rumuskan sebagai berikut:
1.        Bagaimana para pelajar atau mahasiswa mengerti akan pentingnya suatu kebenaran dalam proses pembelajaran ?
2.        Bagaimana para pelajar atau mahasiswa agar tidak kekurangan referensi untuk bahan bacaan ?
3.        Bagaimana para pelajar atau mahasiswa agar menilai bahwa  proses plagiat itu merupakan hal yang salah ?

1.3    Tujuan
1.        Agar para pelajar khususnya mahasiswa dapat mengerti akan pentingnya suatu kebenaran dalam proses pembelajaran.
2.        Agar para pelajar dan mahasiswa dapat mengetahui dan mencari referensi untuk bahan bacaan.
3.        Agar para pelajar dan mahasiswa mengetahui bahwa prilaku plagiat itu tidak baik dan tidak dianjurkan dalam proses pembelajaran.

1.4    Manfaat
1.        Para pelajar khususnya mahasiswa  mengerti akan pentingnya suatu kebenaran dalam proses pembelajaran .
2.        para pelajar dan mahasiswa mengetahui dan mencari referensi untuk bahan bacaan.
3.        Para pelajar dan mahasiswa mengetahui bahwa prilaku plagiat itu tidak baik dan tidak dianjurkan dalam proses pembelajaran.















BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Pengertian plagiat
Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan / pendapat sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri. Orang yang melakukan plagiat disebut plagiator atau penjiplak.
Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika proses plagiat itu terjadi, mulai dari para pelaku (plagiator) dan ruang lingkup proses plagiat itu sendiri. Beberapa hal yang menjadi ruang lingkup proses plagiat itu terjadi, diantaranya:
a.    mengutip istilah, kata-kata atau kalimat, serta informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipa, tanpa menyatakan sumber secara memadai.
b.    mengutip secara acak istilah, kata-kata atau kalimat, serta informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan tersebut.
c.    menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumbernya.
d.   merumuskan dengan kalimat sendiri dari sumber kalimat, gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumbernya.
e.    menyerahkan suatu karya ilmiah yang telah dipublikasikan oleh pihak lain sebagai karya ilmiahnya tanpa menyatakan sumber secara lengkap.

2.2    Pencegahan
Plagiat yang sering terjadi di kalangan pelajar maupun mahasiswa terkadang tidak menjadi permasalahan pokok dalam bidang akademik sehingga hal itu sering terjadi dan merupakan prilaku yang sangat biasa bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah terjadinya plagiat, di antaranya:
1.    Pihak akademik maupun perguruan tinggi memberikan suatu pemahaman akan pentingnya bersikap benar dan anti plagiat.
2.    Pihak perguruan tinggi selalu mengawasi setiap tugas mahasiswa dalam bentuk apapun.
3.    Dalam melaksanakan pembelajaran dari pihak akademik selalu memberikan pemahaman tentang kode etik mahasiswa.
4.    Pada setiap karya ilmiah yang dihasilkan di lingkungan perguruan tinggi harus dilampirkan pernyataan yang ditandatangani oleh penyusun bahwa :
a.    Karya ilmiah tersebut bebas plagiat.
b.    Apabila terbukti terdapat plagiat dalam karya ilmiah tersebut, maka penyusunnya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.3    Penanggulangan
Hal yang harus dilakukan ketika plagiat itu terjadi, diantaranya:
1.    Memberikan sanksi terhadap palajar atau mahasiswa jika diketahui malakukan plagiat.
2.    Pihak jurusan atau ketua jurusan memberikan mandat terhadap salah satu dosen untuk memberikan suatu kesaksian terhadap mahasiswa yang melakukan plagiat.
3.    Melakukan tindak lanjut terhadap mahasiswa yang di duga melakukan plagiat dan apabila tidak terbukti maka sanksi juga tidak dapat dijatuhkan terhadap mahasiswa.
Dengan adanya upaya dari pihak sekolah khususnya pihak akademik itu sendiri mungkin prilaku plagiat akan terhapuskan dan juga perlunya kesadaran dari  masing-masing individu dan ketika individu tersebut sudah mulai sadar maka, kebenaran juga akan melekat pada dirinya dan menjadi suatu acuan kebenaran dalam mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah. Plagiat yang sering terjadi ketika kita gampang mengakses semua tugas di internet,dari hal tersebut  perlu adanya pengaturan dalam internet agar tidak dapat di Copy Paste ke dalam Word. Dengan adanya upaya seperti itu tentunya para pelajar maupun mahasiswa akan berusaha sendiri untuk mencari bahan referensi ke perpustakaan atau ke tempat lain selain internet dan tentunya juga sangatlah penting menambah sumber daya buku yang ada di perpustakaan sekolah atau kampus agar dapat memberikan bantuan untuk para pelajar maupun mahasiswa untuk tidak melakukan tindakan plagiat.


























BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Dari pembahasan yang sudah diuraikan di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.    Pelajar maupun mahasiswa perlu menghindari diri dari prilaku plagiat.
2.    Plagiat merupakan perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.
3.    Adanya sosialisasi dari pihak guru maupun akademik dalam kode etik siswa maupun mahasiswa itu sangatlah penting.
4.    Adanya suatu sanksi juga sangat membantu terhadap proses menanggulangi prilaku plagiat.

3.2    Saran
Sebagai palajar yang baik dan mempunyai pemikiran yang cerdas hendaknya menjauhkan diri dari prilaku plagiat yang nantinya akan menurunkan nilai kebenaran dan kekreatifitasan diri sendiri. Dan juga untuk para guru dan pihak akademik hendaknya melakukan survei  untuk melihat hasil dari tugas maupun yang lainnya dari siswa atau mahasiswa, serta menjungjung tinggi kode etik sekolah maupun mahasiswa untuk melihat hal yang lebih baik dan lebih benar karna prilaku plagiat sangatlah tidak memberikan keuntungan bagi diri sendiri akan tetapi malah membuat kekreatifan kita berkurang dan menjadikan diri kita orang yang tidak mempunyai otoritas kebenaran yang hakiki.










DAFTAR PUSTAKA



Kuheba,Deisya.2012. http://deisyakuheba.wordpress.com/2012/06/19/pengertian-plagiat-dan-sanksi-bagi-plagiarism/



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar